15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz

Kirimkan karya

Kirim

HMJ PAI UIN WALISONGO

Labels

Pelepasan PLP 1 Angkatan 22, Wakil Dekan 1 Tekankan Observasi Bukan Menonton Tetapi Mengamati

Dok. Kominfo

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Walisongo Semarang melepas mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) untuk mengikuti Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1), acara ini dilaksanakan di depan Gedung Dekanat FITK pada Senin (29/7/2024).

Pelepasan kali ini diikuti oleh 388 mahasiswa yang akan ditempatkan pada sekolah mitra, dengan total lokasi terdapat 42 sekolah mitra.

"PLP 1 ini diikuti oleh 388 mahasiswa dan mahasiswa, kemudian untuk lokasi sekolah mitra ada 42 sekolah mitra, terdiri dari sekolah dalam dan luar kota dengan lokasi sekolah di luar kota berjumlah 3 sekolah berada di daerah Kendal," ucap Nor Hadi, M.Pd.I. selaku Ketua Lab FITK

Kegiatan PLP 1 akan berlangsung selama 14 hari, mulai dari tanggal 29 Juli dan akan diakhiri pada tanggal 10 Agustus 2024.

Wakil Dekan 1 FITK, Prof. Dr. Mahfud Junaedi, M.Ag. menyampaikan PLP 1 kegiatan utamanya adalah observasi atau pengamatan, mahasiswa harus mencatat keadaan yang terjadi setiap harinya.

"PLP 1 kegiatan utamanya adalah observasi pengamatan, mengamati budaya kehidupan sekolah, tetapi mengamati di sini adalah sebagai seorang mahasiswa bertugas sebagai seorang peneliti, sesuai dengan metode penelitian kualitatif yang harus melakukan observasi," ucapnya.

Ia juga menambahkan bahwa observasi bukan menonton tetapi mengamati, tidak bisa selesai hanya dalam waktu sehari, mahasiswa tidak boleh menyepelekan kegiatan observasi.

"Mengamati jangan dipandang remeh, mengamati sebagai seorang peneliti perlu mengumpulkan data, maka setiap hari tugas saudara mengamati. Jangan ada yang bilang sehari sudah selesai semua, sudah diamati mulai dari depan sekolah sampai belakang sekolah, itu bukan mengamati tetapi menonton," tambahnya.

Penulis: Kominfo HMJ PAI

Related Posts

Related Posts